Talk to Machine

first eye contact with arduino


         Pertama kali saya kenal arduino dari  bp. Aan "Mr. Nice Guy" Darmawan ( see :  http://valfa.blogspot.com/ ), ditengah kesibukannya beliau rela menyempatkan diri untuk mempertemukan saya dgn arduino, namun ketika arduino ada di genggaman tangan, saya bingung mau diapakan nih "benda", bagaimana tidak bingung  saya tidak mengenal satupun bahasa program, background saya  bukan dari tehnik elektro atau programer komputer, pekerjaan  saya  jauh dari dunia elektro dan komputer. Beruntung saya berada ditengah  keluarga yang ‘pintar pintar’.  Singkat cerita saya berbincang2 dan berdikusi dengan salah seorang paman dari ibu saya yaitu "Uncle Google" (he3x), dan mulai  deh googling  n  ber-xperimen ria dengan arduino.
 Dan pertama kali yang saya lakukan adalah install (?) sofware arduino. Karena saya menerima (software) IDE arduino dalam bentuk file yang dicompress alias dimapatkan dalam bentuk zip file dengan nama arduino-0022.zip  maka saya extract file tersebut di foldernya.

Gambar 1.  file arduino 022 diextract


Setelah  selesai di extrak muncul folder baru yg bernama arduino-002, lalu folder tersebut (dengan isinya tentunya) saya pindahkan ke C:\windows\Program files  (biar bersatu n berkumpul dengan temen temennya sesama program windows ).

 Gambar 2. File Folder Arduino

Lalu saya jalankan file arduino.exe yang icon-nya  mirip kaca mata dengan tanda plus minus ditengahnya.

Gambar 3. Inilah first eye contact  dengan arduino (ha3x)

Dalam pencarian alias googling, itu yang namanya “Blink” seolah olah ngikutin saya terus kemana mana, di blog ini orang nulis blink, di situs sana orang nulis blink, blink ??? itu loh led kedap kedip,  aku pikir sih harus di coba nih  sekalian mengenal menu sketch arduino 0022 serta bagaimana cara membuat programnya.
Agar arduino bisa di program, board arduino harus terhubung ke komputer  itu kata suhu mikrokontroler, dikoneksikan lewat kabel USB atau bisa juga kabel RS 232. Proses colok mencolok  kabel pun saya lakukan mengikuti saran pakar.  Masih kata para pakar,  setelah arduino dan komputer terhubung oleh  kabel aku masih harus seting port agar komputer dan arduino berkomunikasi dalam satu jalur alias matching alias nyambung, tanpa banyak protes proses ini pun saya lakukan dengan sepenuh hati. Karena komputer saya menggunakan Port Comm 13, maka saya pilih menu arduino  Tools>Serial Port>COM13 tentu saja ini berbeda tiap komputer  tergantung Port yang dipakai, kita bisa melihatnya Port yang aktif di komputer  dengan cara ‘klik’ Start>control panel>performance and maintenance > administrative tools >computer management > device manager>ports (COM&LPT), disitu telihat COM atau LPT yg aktif , telihat bahwa device/alat usb yang saya pakai meggunakan COM13.

Gambar 4.  Device Manager


    
Gambar 5. Menu Serial Port

Setelah itu saya tinggal menentukan seting board arduino, karena saat ini saya pakai board arduino saverino dengan Atmega8 (lagi hemat) maka saya pilih menu Tools>Board>Arduino NG or older w\ Atmega8.

Gambar 6. Menu Board

Urusan seting ‘tek tek bengek’ selesai maka tibalah saatnya mencoba blink-nya arduino dengan sket yg udah tersedia di examples arduino, maka saya pilih  File>Examples>1.Basic>Blink

Gambar 7. Menu Blink

Maka munculah sket baru yang udah ada code blink-nya.


Gambar 8. Sketch Blink

Lalu saya coba  compille, kali aja ada yang salah dalam penulisan code nya ( ya gak mungkin lah yang nulisnya pakar kok!! sudah teruji pula !!!). Proses Compille adalah proses untuk menguji apakah penulisan program telah benar atau tidak. Proses Compille ditandai dengan tulisan dibawah sketch ‘Compilling…’ dan proses selesai ditandai dengan tulisan ‘Done compilling.’
Sementara tombolnya commpille terletak diatas-kiri dengan lambang mirip dengan lambang play di peralatan audio, klik deh!!

Gambar 9. Proses Complling

Setelah yakin gak ada yang salah dari programnya barulah saya Upload program ke dalam board arduinonya. Upload adalah proses memasukan code atau program  yang dibuat di sketch kedalam board arduino dalam hal ini ditanamkan kedalam IC Atmega8, begitu kata para dedengkot mikrokontroler, aku sih manut ajah.
Tombol Upload terletak diatas sketch dengan tanda gambar panah kekanan. Proses upload ditandai dengan 2 lampu led yang ada di board arduino berkedip bergantian dengan cepat serta ada tulisan dibawah ‘uploading to I/O board…’ dan proses upload berakhir dengan padam-nya ke dua led tersebut dan tulisan ‘done uploading.’ dibawah  sketch  arduino 0022

Gambar 10. Proses Upload

Tunggu sesaat… lalu sejurus kemudian …lampu led  yang ada di board arduino berkedip alias blinking dengan interval kira-kira 1 detik, bagi saya itu ck…ck …ck  LUAR BIASA, AMAZING  kata Tukul , that’s was magic moment that I never forget, remebered that I can talk with the machines… although  I ‘m not really understand how it works but I’m sure I will…… tanks Mr. Nice Guy.

2 comments:

  1. Sia lucu nulis artikel kata-katana :))... but... its thats cool... mudah dipahami orang awam kek saya... nice share...

    ReplyDelete