Hemat Tempat Hemat Biaya


FTDI Basic Breakout for my saverino
         
           Karena begitu semangat membara bikin posting, ujung ujungnya banyak cerita yang terlewatkan salah satunya bagaimana board arduino saverino aku udah diubah agar bisa komunikasi lewat  usb port,  gini ceritanya …….
Sebenarnya board arduino saverino itu kan pake konektor RS232, kalau aku sih gak  masalah karena aku pake PC, di PC kan ada konektor Port LPTnya (konektor RS232),  harapanku anaku ikut juga ngotak ngatik arduino namun karena anaku pake mini notebook gak mungkin dong dia main-main sama  arduino saverino karena di mini notebook gak ada Port LPT, wal hasil itu arduino saverino harus pake kabel USB to RS232 Conventer atau pake USB to TTL Conventer kalau pengen nyambung ama mini notebook.


 Gambar1. Arduino saverino denga RS232nya

            USB to RS232 conventer  tugas dan kewajibannya adalah  mengubah colokan RS232 ke colokan USB, kayak ginih fotonya :

Gambar 1. Kabel RS232 to USB Conventer

            Sementara kalau USB to TTL mengubah dari USB langsung ke TTL atau langsung ke Tx dan Rx  arduino tanpa perlu komponen RS232.
            Aku lebih cenderung memilih USB to TTL dengan pertimbangan, board arduino tidak perlu lagi komponen RS232 to TTL, cukup IC ATMega saja yang nemplok di board  dengan  demikian hemat tempat dan hemat biaya, Sementara kalau beli kabel RS232 to USB, komponen RS232 to TTL harus tetap  ada disetiap board arduino, udah makan tempat, makan biaya biaya pula.
            Aku pun jatuh cinta pada pandangan pertama ama yang namanya FTDI Basic Breakout (aku singkat aja FTDI) dari DFRobot makanya langsung aku beli tuh barang, bentuk dan rupanya gak bagus bagus amat sih  item-item manis gituh..


Gambar 2. FTDI Basic Breakout

            Orsinya  FTDI Breakout inputnya pake female conector mini usb maka sekalian aja aku aku beli kabel mini usb ke usb.   Di output ada 6 pin head output yang masing : DTR, TXD, RXD,VCC, CTS dan GND serta ada pula jumper VCC 3,3V /  5V yang letaknya di tengah tengah board.

Gambar 3.  Kabel Mini USB ke USB

Gambar 4. Layout FTDI Basic Breakout

DTR aku hubungkan ke pin Reset di arduino melalui capacitor 100n
TXD aku hubungkan ke pin 1 Tx di arduino melalui  resistor 1 k
RXD aku hubungkan ke pin 0 Rx di arduino melalui  resistor 1 k
CTS  tuk sementara gak dipake lagian aku kagak ngarti  tuk apa fungsi pin yang ini
VCC aku hubungkan ke +5V  di Arduino
GND aku hubungkan ke GND di Arduino.
Sementara jumper aku pindahin ke 5V karena Arduino-ku pake +5V
Kabel dan konektor pake konektor IDE Hardisk

            Kalau dibiarkan telanjang kasian juga tuh ‘barang’ bisa menggigil kedinginan, maka aku buatkan kandangnya gak tanggung tanggung aku pesan langsung ke Jepang, tepatnya aku pesan ke sebuah pabrik klip penjepit kertas di kota Tokyo, begitu klip penjepit kertas nyampe di tangan,  aku buang klip penjepit kertasnya sementara wadahnya aku pake untuk FTDI .  Dengan demikian  FTDI gak kotor kena debu, berasap saat kena air  atau short kalau kena metal, Sebelum FTDI  dimasukan ke kandangnya aku tempelin di stripe board dengan maksud mengikuti panjang kandang sekaligus buat nempelin capasitor (DTR), resistor (TXD n RXD) dan kabel. Well mas bro  inilah kandang yang aku buatkan tuk sang buah hatiku FTDI Basic Breakout :

Gambar 5. FTDI dipasang di strip board lewat Pin header

Gambar 6. Komponen tambahan menggunakan SMD

Gambar 7 dan 8.  Cukup cantik bukan?

            Sementara ubahan pun terjadi disisi arduino saverino, saverino mengalami revolusi bentuk serta perubahan susunan anatomi tubuh untuk mengikuti perkembang mode yang terjadi dengan masuknya modul FTDI Basic Breakout . Konektor RS232 dicopot dan diganti dengan konektor model kabel IDE hardisk begitu pula  dengan konektor dan kabel   di modul FTDI  memakai jenis yang sama. Aku pilih konektor jenis ini karena gampang pasang kabel  keterminalnya,  tinggal jepit semua kabelnya… jadi deh!!(no pain at all). Tidak seperti jenis lain yang harus nyolder untuk pasang kabel atau (ini yg paling nyebelin) ngejepit kabel ke-pin terminal  satu-satu (cape deh!!!). Transisitor dan komponen lain yang membentuk rangkaian RS232 to TTL pun di copot supaya bobot arduino berkurang (biar kelihatan slim gth..). kemudian dibuatkan jalur dari konektor ke kaki IC ATMega8 untuk Reset, Tx, Rx dan GND, sementara power suplly untuk FTDI diambil dari Komputernya dan hasilnya nampak seperti dibawah ini :

Gambar 9. Saverino Ubahan Tampak Depan

Gambar 10. Saverino Ubahan Tampak Belakang

Gambar 10. Susunan kaki konektor 

Gambar 4. Jalur  Tx, Rx, GND dan Reset


Gambar 12.  Saverino, FTDI n Mini Notebook

           FTDI Basic Breakout membutuhkan driver, namun aku gak telalu repot  sebab arduino menyediakan driver tersebut difoldernya… Begitu FTDI  dipasang di komputer untuk pertama kalinya, widows langsung teriak kesakitan… ada new hardware nancep  dibadannya dan dia memaksa minta drivernya agar rasa sakitnya hilang, lalu windows mengajukan usul untuk pencarian driver otomatis tapi aku lebih suka  memilih menujukan driver secara manual, aku tunjukin letak foldernya  C:\WINDOWS \Programs Files\Arduino-0022\driver\ FTDI USB Drivers, windows kegirangan lalu dia bergegas mencari driver penawar sakit ketempat yang aku tunjukan tadi dan ketika  driver FTDI berhasil ditemukan secepat kilat  dia-pun beraksi melanjutkan proses instalasi hingga selesai, sakitnya hilang dan lukanya sembuh windows-pun bisa menerima FTDI Basic Breakout apa adanya…….…..


7 comments:

  1. wah, kyaknya ahli dibidang kompi juga yah mas ? boleh donk sy belajar .... hehehe

    ReplyDelete
  2. ha3x .. gk jg mas Fiu..sekedar buku harian, ini blog pertama saya Mas Fiu.. sayang terpotong karena ada kesibukan, setelah buka blog anda, kembali lagi ingin menulis. mohon bimbingan nya Mas Fiu.. mksh

    ReplyDelete
  3. mas mau tanya si modul ftdi itu gunanya buat upload data ke arduino aja ya ? kallo saya pake buat converter rfid reader ke arduino bisa ngga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. FTDI selain mengirim data/upload data ke arduino tap juga bisa mengirimkan data dr arduino ke kompi. Saya belum coba RFID mas, cuma sepengetahuanku RFID itu to TTL artinya langsung ke pin Tx n Rx nya arduino.

      Delete
    2. RFID saya outputnya USB mas, jadi harus di convert dulu ke TTL, saya pikir bisa memakai FTDI, tapi pas saya coba tidak ada arus yang masuk ke RFID mas

      Delete
  4. saya mau nanya dong mas..
    berarti fungsi FTDI yg agan post itu fungsinya untuk download program dari PC ke ATmega ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk download dan upload program/data mas, kalau download program saya kira sudah jelas nah kalau upload program/data dari arduino ke pc bisa baca Another Day With Arduino (part one) LDR n Serial Monitor di blog ini

      Delete